Jumat, 16 November 2012

PEMBANGUNAN RUMAH PIYUNGAN SLEMAN

Pembangunan "Rumah Piyungan" adalah pembangunan rumah 2 lantai dengan konsep rumah tropis yaitu dengan mempertimbangan sirkulasi udara yang lancar, sehingga tercipta udara rumah yang sejuk dan nyaman. Konsep tersebut diaplikasikan dalam pembangunan 'Rumah Piyungan" yaitu dengan : 

  • Pembuatan grid kolom berjarak 4 meter sehingga ruangan terasa luas dan luang untuk udara bersirkulasi.
  • Plafon yang tinggi 3.50 meter memudahkan udara bersirkulasi dan membuat ruangan terasa tinggi.
  • Pembuatan ruang tengah dengan lantai mezanin sebagai tempat pertukaran udara dari lantai 1 ke lantai 2 atau sebaliknya melalui ventilasi dan jendela krepyak pada lantai 2.
  • Ruang belakang sengaja terbuka tanpa atap untuk pertukaran udara dari dan ke ruang tengah lantai mezanin.
Berikut adalah beberapa foto progres pembangunan "Rumah piyungan"

Pondasi dan Sloof
Pondasi batu kali dengan ukuran 1 meter x 1 meter dengan kedalaman 1 meter dari muka tanah. Untuk sloof menggunakan ukuran 15/25 dengan tulangan besi didalamnya dan dicor menerus diatas pondasi batu kali serta menyatu dengan kolom struktur.


Kolom Struktur dengan jarak 4 meter
Kolom struktur dengan ukuran 15/30 dengan tulangan didalamnya yang dicor menyatu dengan sloof agar bangunan tahan terhadap gempa dan mempunyai sifat rigid. 

Rencana Tangga
Tangga untuk ke lantai dua dirancang sedemikian rupa agar tidak banyak memakan ruangan yaitu dengan dua bordes. Struktur tangga menumpu pada balok lantai 2 dan sepanjang jalur anak tangga menumpu pada balok struktur.

Sistem Plumbing
Sistem plumbing atau pemipaan harus terpikirkan sebelum pengerjaan lantai agar memudahkan dalam pemasangan pipa plumbing buangan seperti buangan dari toilet, floor drain, sink, atau pun tempat cuci. 

Rencana Fasad
Rencana fasad "Rumah Piyungan" terlihat bukaan jendela yang lebar pada sisi kanan gambar dan bukaan pada bagian tengah yaitu pada ruang tamu dan pada sisi gambar paling kiri adalah rencana bukaan pada ruang usaha. 

Rencana Kanopi Fasad dan Teras
Kanopi fasad dan teras bertujuan untuk menahan tampias air hujan agar tidak masuk ke dalam ruangan ataupun membasahi kusen kayu jendela agar tidak cepat rusak. Kanopi menggunakan kanopi cor beton dengan tulangan di dalamnya dengan ketebalan 7 cm.

Penulangan Balok Lantai 2
Balok struktur lantai dua menggunakan tulangan besi dengan dimensi balok 15/25. Balok lantai sebagai penyalur beban dari plat lantai dua yang kemudian beban tersebut disalurkan ke kolom struktur dan beban akan disalurkan ke pondasi serta berakhir ke dalam tanah.

Penulangan Plat Lantai 2
Penulangan plat lantai harus memperhatikan beban yang akan diterima plat lantai, maka pembagian sistem anyaman pembesian memperhatikan beban lapangan dan beban tumpuan yang mana dekat dengan balok struktur. pembagian ini bertujuan agar tidak terjadi lendutan pada plat lantai.


Desain : Arif Setyo Wibowo 
Telp    : 081904267921 (WA)
Email   : asetyo21@yahoo.co.id
Terima Jasa Desain Eksterior Interior, Renovasi dan Pelaksanaan 
Desain : Rumah tinggal, Perkantoran, Ruko, Hotel, Restoran, Cafe dll
Interior: Rumah tinggal, Perkantoran, Ruko, Hotel, Restoran, Cafe dll

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar